Apa itu keputihan dan bagaimana mengobatinya?

Apa itu keputihan? penyakit yang sering disebut Fluor Albus ini merupakan suatu kondisi dimana cairan berlebih keluar dari area vagina. Keputihan sendiri sebenarnya terbagi 2 jenis yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan yang bukan merupakan penyakit (fisiologis) dapat terjadi pada setiap wanita. Umumnya cairan yang keluar berwarna bening, tak berwarna, tak berbau dan tidak gatal. Cairan ini jumlahnya bisa sedikit atau cukup banyak, terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, pada saat terangsang secara seksual atau ketika sedang stress. Terkadang juga kita yang remaja mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

apa  keputihan
apa itu keputihan

Nah masalahnya adalah jika cairan yang keluar dari vagina sudah tidak bening, berwarna putih kekuningan, keabuan sampai kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir, gatal dan jumlahnya lebih banyak, besar kemungkinan keputihan tersebut sudah tidak normal. Beberapa penyebab keputihan yang tidak normal disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Jika tidak segera ditangani infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Keputihan sebaiknya diobati sejak dini, begitu timbul gejala. Karena keputihan kalau sudah kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati. Selain itu kalau keputihan yang dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian.


karena itu segera obati dengan obat yang aman seperti obat alami atau obat herbal baik obat luar maupun obat dalam, lebih baik bila obat tersebut sudah banyak dipakai orang dan sudah mendapat rekomendasi dari dkter spesialis terkenal. info lebih detail bagaimana mengobati keputihan dengan cepat dan aman lihat dibagian lain situs ini

index :apa itu keputihan






Terima kasih untuk Like/comment FB :