Cara Mengatasi Bayi Kuning

Bagaimana cara mengatasi bayi kuning. Kadar bilirubin yang dianggap normal pada bayi adalah dibawah 12, tetapi umumnya dokter sudah menyarankan untuk dilakukan terapi bila kadar blirubin sudah mencapai 10. untuk mengetahui kadar bilirubin maka anak akan diambil sample darahnya, memang kasihan sekali melihat bayi baru berusia 3 hari sudah harus dimasukan jarum suntik ke tangannya untuk diambil darahnya.

Bila perawat nya belum ahli kadang jarum suntik harus di masukan beberapa kali sampai menemukan pembuluh darah yang tepat. orang tua biasanya sedih menyaksikan hal seperti ini. hasil test bilirubin cukup cepat yaitu
dalam 1 jam sudah dapat diketahui hasilnya.

Jika kadar bilirubin cukup tinggi maka mata akan terlihat kuning cukup banyak dan bila tubuh bayi ditekan maka akan terlihat kuning cukup pekat. pada bayi dengan kulit agak hitam atau coklat tua kulit tidak begitu terlihat kuning makanya perlu ditekan dan akan terlihat kuning ketika tekanan dilepaskan.

cara mengatasi bayi kuning

mengatasi bayi kuning

bayi kuning di fototerapi, mata dan alat vital ditutup

Terapi untuk bayi kuning umumnya dijemur bilakadar bilirubin belum terlalu tinggi, tetapi bila kadar bilirubin terlalu tinggi maka perlu dilakukan foto terapi dengan memberikan sinar biru ke pada seluruh tubuh bayi. (makanya ketika dijemur atau disinar pakaian bayi harus dibuka). sedangkan yang perlu ditutup adalah bagian mata dan alat vital bayi. sebaiknya kain penutup dilapisi dengan lapisan karbon (tetapi bisa juga dengan kain beberapa lapis sisipkan kain warna gelap ditengahnya, dan untuk bagian alat vital cukup dengan pempers/popok saja). walaupun dijemur dengan matahari pagi mata bayi tetap perlu ditutup.

Penyinaran biasanya dilakukan dengan rentang 2-3 jam, lalu istirahat sambil diberikan ASI. untuk bayi kuning diharuskan bayi diberi asi setiap 2 jam sebagai bagian dari terapi untuk mengobati bayi kuning. sebaiknya bayi diberi pampers supaya selama 2 jam bayi tertidur ketika dilakukan foto terapi karena bila tidak idur biasanya penutup matanya akan sering lepas karena gerakan kepala bayi. demikian informasi cara mengatasi bayi kuning



Terima kasih untuk Like/comment FB :