Penyebab Keputihan

Para wanita sering dipusingkan dengan penyakit ini yang sulit diobati , apa penyebab keputihan? dengan mengetahuinya maka kita dapat mengobati dengan lebih baik

keputihan sendiri di sebabkan oleh berbagai macam , diantaranya :

Banyak sekali hal – hal yang dapat menyebabkan keputihan patologis, tapi umumnya disebabkan oleh infeksi saluran reproduksi. Infeksi tersebut dapat berasal dari :

a. Jamur Candida atau Monilia

Keputihan yang diakibatkan oleh jamur ini umumnya berwarna putih susu, kental, berbau agak keras, juga disertai rasa gatal. karenanya bibir vagina menjadi kemerahan dan meradang. Pemicu jenis Keputihan ini biasanya adalah kehamilan, diabetes, penggunaan pil KB, dan kekebalan tubuh yang lemah. Bayi yang baru lahir juga bisa tertular jneis keputihan akibat ini karena tertular dari ibunya pada saat persalinan.

penyebab keputihan

b. Parasit Trichomonas Vaginalis

Jenis keputihan yang ini berbuih berwarna kuning kehijauan dan berbau anyir, Pada vagia tidak terasa gatal tetapi nyeri bila ditekan. Hal ini diakibatkan
 karena tertular lewat hub seksual, atau lewat perlengkapan mandi seperti bibir closet duduk yang sudah terkontaminasi.

c. Bakteri Gardnella

Kebanyakan wanita yang menderita infeksi vagina bakterial tanpa gejala umumnya disebabkan oleh bakteri Gardnella ini. Keputihan biasanya encer, berwarna putih keabu-abuan, berair, berbuih, dan berbau amis (fishy odor). Bau akan lebih menyengat setelah melakukan hub seksual dan mengakibatkan darah menstruasi berbau tidak enak. Bila terdapat iritasi daerah vagina seperti gatal biasanya akan lebih ringan daripada keputihan yang disebabkan oleh Candida albicans atau Trichomonas vaginalis.

penyebab keputihan

penyebab keputihan


d. Virus

Keputihan akibat infeksi virus juga sering diakibatkan penyakit kelamin seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma akan ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau. Jenis keputihan ini sering menjangkiti wanita hamil. Sedangkan virus herpes ditularkan lewat hubungan tubuh. Gejalanya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Perlu diwaspadai karena keputihan akibat virus karena virus yang menginfeksi dapat menjadi salah satu faktor pemicu kanker rahim.

Keputihan akibat infeksi yang dibiarkan tidak diobati dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kemandulan. Hal ini dikarenakan infeksi meluas ke rongga rahim, ke saluran telur dan kemudian sampai ke indung telur dan bisa menyebar sampai ke dalam rongga panggul.

Pengobatan.
Sebaiknya hati-hati bila mengobati dengan obat kimia apalagi sabun kimia karena dapat menyebabkan bakteri baik ikut mati terbunuh, gunakanlah produk herbal sehingga hanya membunuh bakteri jahatnya saja dan membiarkan bakteri baiknya hidup karena bakteri baik ini membantu pemulihan kesehatan organ kewanitaan. Ada banyak produk herbal untuk keputihan di pasaran gunakanlah yang sudah dipakai banyak orang dan direkomendasi pakar terkenal seperti dr. Boyke

sebagai penutup berbagai penyebab keputihan itu kerap menghantui kita para wanita, karena itu segera atasi dengan obat keputihan yang aman dan bersahabat, jangan biarkan tubuh kita menjadi resistant atau kebal, sehingga keputihan bisa datang lagi dikemudian hari, demikian tips "mengobati keputihan" ini semoga bermanfaat.



Terima kasih untuk Like/comment FB :