Keputihan Fisiologis dan Patologis

Ada 2 sifat keputihan yaitu Keputihan fisiologis (dalam keadaan normal) namun bisa juga bersifat patologis (karena penyakit). Dan penting untuk diketahui bahwa keputihan tidak mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan.

Keadaan normal pada kasus Keputihan terjadi beberapa hari pada masa sebelum subur, masa subur dan sesudah menstruasi. Terkadang pada saat sekitar  masa subur itu ada lendir yang berlebihan, itu normal saja. dan biasanya tidak gatal, tidak berwarna dan tidak berbau.

keputihan fisiologis
keputihan fisiologis dan patologis



Sebaliknya keputihan patologis , adalah keputihan yang diakibatkan oleh infeksi pada vagina, bisa juga karena adanya benda asing dalam vagina. Infeksi ini sebagai akibat dari bakteri, jamur atau protozoa.

keputihan patologis

Ciri-ciri Keputihan jenis patalogis ini warnanya tidak seperti lendir yang bening. tetapi warnanya seperti susu kental, atau kuning kehijauan, bahkan bisa merah bercampur darah. Pada saat itulah keputihan sudah berubah menjadi penyakit, karenanya akan terasa gatal pada daerah vagina juga akan berbau tidak sedap yang mengakibatkan ketidaknyamanan

Didalam vagina sebetulnya terdapat berbagai macam bakteri, tetapi disana juga terdapat bakteri yang baik juga flora normal. Dalam vagina yang sehat tingkat keasaman nya adalah 3,5 sd 5,5 bila keasaman terganggu misalnya karena sabun kimiawi atau pembilas vagina (douch) kimiawi, atau juga cairan antiseptik, maka flora normalnya akan mati sehingga akan berkembang bakteri yang jahat. karena itu penggunaan douch dan cairan antiseptik harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau gunakan saja yang alami.

keputihan patologis
tips mengobati keputihan

Bakteri jahat, kuman dan virus juga bisa terjadi karena hubungan seksual, atau dari closet dan alat mandi lainnya yang tidak higienis, bahkan keputihan juga bisa terjadi karena pemakaian celana dalam yang tidak bersih.

Keputihan yang dibiarkan sehingga menjadi ganas bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih serius seperti kanker leher rahim, gangguan kehamilan seperti kemandulan dan lain-lain

Karena itu segera obati keputihan, cari obat keputihan yang aman alami dan bekerja cepat, serta lakukan tips untuk mengobati keputihan tuntas , baca caranya di menu sebelah kanan masih di web site ini.


Indeks : keputihan Fisiologis, keputihan patologis , keputihan berwarna putih susu , fisiologi keputihan , mekanisme keputihan fisiologis , cara mengobati keputihan patologis , keputihan warna putih susu



Terima kasih untuk Like/comment FB :