Mengatasi Keputihan Berwarna Hijau Kuning Coklat

Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi keputihan berwarna hijau kuning dan coklat baik yang berbau ataupun tidak. Penyakit yang satu ini kerap menghantui para wanita karena selain membuat tidak nyaman dengan cairannya juga kadang terasa gatal panas bahkan berbau tidak sedap.

keputihan berwarna hijau

Penyebab Utama dari segala keputihan tentu saja infeksi dan peradangan pada organ vital wanita yaitu Vgina. Nah peradangan ini bisa disebabkan kuman bakteri parasit jamur virus maupun zat kimia. Dari mana datangnya mereka ini ? bisa dari
celana yang kotor, dari WC umum yang tidak bersih ataupun dari penularan dari suami ketika berhubungan suami-istri, sedangkan zat kimia berasal dari deterjen, pemutih pelembut pakaian dan pembalut instant.

Mari kita bedah satu-persatu :

1. keputihan candidiasis
Keputihan jenis ini diakibatkan oleh Jamur terutama jenis candida albicans. Jamur ini tumbuh dalam lingkungan yang hangat. Makanya ketika wanita memakai pakaian yang tidak tembus keringat apalagi ketat maka area organ vgina akan menjadi hangat dan berkeringat. Kondisi lingkungan seperti ini akan membuat jamur candida albicans cepat tumbuh.

Sebetulnya Tuhan telah memberikan anti jamur yaitu bakteri-bakteri baik yang akan melawan jamur tumbuh, tetapi ada beberapa penyebab jamur tetap tumbuh yaitu : lingkungan (karena panas , lembab dan berkeringat) kemudian karena bakteri baiknya terbunuh oleh antiseptik atau antibiotik kimiawi. Bisa juga karena konsumsi obat steroid yang akan membuat kekebalan tubuh melemah.

Bila jamur ini telah tumbuh maka akan terjadi infeksi disekitar Vgina dan infeksi ini membuat kulit meradang dan menimbulkan keputihan. Biasanya keputihan akan berwarna putih agak kuning seperti keju. DAlam kondisi lebih parah akan disertai rasa gatal di area bibir Vgina.

Cara Mengatasi keputihan berwarna hijau

keputihan berwarna coklat

2. Keputihan vaginosis
J?enis ini disebabkan oleh jumlah bakteri yang meningkat. Bakterinya tetnu saja bukan bakteri baik tapi bakteri jahat atau bakteri patogen penyebab penyakit. Umumnya adalah jenis Mycoplasma hominis , bakteri Gardnerella vaginalis, jenis genera Mobiluncus, juga bakteri type Prevotella dan Bacteroides.

Ada beberapa penyebab menigkatnya bakteri patogen ini misalny apemasangan alat kontrasepsi seperti IUD, merokok, bahkan menggosok area Vgina terlalu kuat dan lama juga bisa menimbulkan hal ini.

Bila bakteri-bakteri ini telah meningkat pesat maka penderita akan mengalamai keputihan dengan carian berwarna putih kuning atau agak abu, dan biasanya disertai bau amis. Kadang terasa nyeri ketika buang air kecil. cairan keputihan akan meningkat biasanya setelah hubungan suami istri.

keputihan berwarna kuning

keputihan berwarna hijau


3 keputihan vulvovaginistis
Jenis ini disebabkan karena radang atau imflamasi pada area vulva dan Vgina. Radang di area ini terjadi karena beberapa hal seperti bahan kimia seperti pada sabun, pelembut atau pemutih pada pembalut atau pada celana dalam akibat pencucian deterjen, iritasi juga bisa disebabkan cacing kremi, protozoa, jamur dan virus.

Keputihan jenis ini akan berwarna hijau (bila masih ringan warnanya masih kuning) biasanya disertai bau tidak sedap. Penderita juga akan merasa gatal dan panas di daerah yang terkena radang. Bila radang tersebut luka atau bernanah maka keputihan akan menjadi berwarna coklat karena aksen warna merah dari darah.

masih ada keputihan jenis lain yaitu keputihan jenis trikomniasis dan keputihan cervicitis dibahas di tulisan berikutnya. Tetapi intinya adalah warna keputihan yang normal karena siklus bulanan adalah bening dan tidak berbau.


Sedangkan keputihan penyakit akan berwarna putih susu kemudian kuning keju dan bila lebih parah lagi maka keputihan berwarna hijau. Bila bercampur luka atau nanah (menandakan keputihan semakin hebat) maka warnanya menjadi coklat dan merah. Bila keputihan berwarna terjadi pada masa hamil sebaiknya cepat ke dokter karena dikhawatirkan akan menyebabkan keguguran. Lihat juga bagian tips mengobati keputihan

Lihat disini untuk herbal keputihan dari Dr. Boyke

info keputihan berwarna hijau kuning coklat merah



Terima kasih untuk Like/comment FB :